Resume Ke 1. Belajar Menulis PGRI Gel.27

Resume ke-1 Belajar Menulis Gel.27

Resume ke-1
Gelombang 27
Tanggal : 22 Agustus 2022
Tema : Menulis di Kompasiana
Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.
Moderator : Widya Setianingsih



     Saya pelajar pemula dalam menulis, dalam mencermati dan memahami dalam pertemuan perdana ini saya mengalami kesulitan namun saya berusaha dan fokus memperhatikan setiap sesi. ternyata benar apa yang disampaikan nara sumber bahwa dalam memulai menulis diawali dengan banyak membaca. saya mencoba terus fokus dan membaca berulang ulang dari rangkaian pertemuan perdana ini sehingga saya sedikit demi sedikit mencoba merangkai kata kata dari semerawutnya pikirin dan pemahaman yang disampaikan nara sumber.

    Dalam pertemuan perdana belajar menulis PGRI gel. 27 ini saya dapat mengenal narasa sumber yang selain sebagai guru beliau juga seorang penulis di kompasiana sehingga narasumber memberikan materi pembelajaran menlis dengan mengambil tema "Menulis di Kompasiana.com". Nara sumber memaparkan pengalamannya selama menulis di Kompasiana,com dan telah menghasilkan berbagai artikel. dalam pertemuan perdana ini nara sumber sedang menulis tentantang kasus Fredi sambo, OTT KPK rektor Lampung dan Seleksi Calon Guru Penggerak Indonesia. Beliau adalah Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd dan di dampingi moderator Widya Setianingsih.

    Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd atau akrab di kenal om jay memaparkan dalam menulis di berikan beberapa trik untuk bisa menulis di kompasiana dan tulisan kita bisa diterima dan oarang tertarik untuk membacanya. hal hal yang perlu diperhatikan dalam menulis adalah :

1. aktual

2. bermanfaat

3. Inspiratif

4. Menarik

5. Menghibur dan Unik

    Dalam Pertemuan perdana dalam belajar menulis saya mengalami banyak kesulitan dan kendala dalam merangkai kata namun saya banyak mendapatkan inspirasi dan motivasi lewat untaian kata kata om jay dan moderator yaitu lewat kesulitan manusia belajar, lewat kenyamanan manusia terlena (Opening Ceremony), "Menulislah setiap hari dan Buktikan apa yang akan terjadi"(om jay). dan dalam keslitan yang saya hadapi saat ini menguatkan saya untuk belajar, belajar dan belajar dalam menulis dan semoga suatu saat nanti saya menemukan bukti apa yang akan terjadi pada diri saya. semoga pertemuan perdana ini mengawali langkah saya menjadi seorang penulis.


Penulis : Lalu Darwati


Komentar

  1. Semangat.....salam kenal sesama penulis pemula Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal dari Lombok NTB, bu tpi saya koreksi sedikit nama saya nama perempuan bu tpi orangnya laki - laki bu. hehehehe.

      Hapus
  2. Semangat pagi...

    Salam kenal juga..

    BalasHapus
  3. Artikel y lumayan baik

    Bunda bisa kirim japri ke wa saya Bu ? Saya Mentor plus salah satu moderator tim solid
    081318766577 harus diskusi sedikit ditunggu ya Bu. Nyari ni digrop agak repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih bu. maklum penulis pemula yang awam tehnik menulis.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME KE 2. BELAJAR MENULIS PGRI GEL.27

RESUME KE 18 KEGIATAN BELAJAR MENULIS PGRI GEL 27