RESUME KE 3. BELAJAR MENULIS PGRI GEL.27

HOW TO WRITE GOOD RESUME


NARA SUMBER : MAESAROH, M.Pd (Maydearly)
MODERATOR     : MUTMAINAH

Menulis adalah suatu aktivitas yang sangat complicated. saya selalu tidak percaya diri dalam menulis karena takut narasi - narasi yang saya sampaikan dapat menyinggung orang, bikin bingung dan menimbulkan kesalah pahaman serta rangkaian kalimat yang semerawut sehingga saya mencari tempat untuk belajar menulis sampai ketemu BM Gel. 27 ini.

Sampai saat ini, pada pertemuan ke tiga saya merasa ada sedikit demi sedikit perubahan yang saya alami dalam merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang enak dibaca. dan pada pertemuan ketiga ini nara sumber memberikan materi yang saya tunggu tunggu yaitu "bagaimana cara menulis resume yang baik" namun itu masih belum bisa membuat saya percaya diri dalam menulis.

Pada pertemuan ketiga malam ini, Jum'at 26 Agustus 2022 dengan Moderator Mutmainah atau sering di panggil Imut dari Lebak Banten mendampingi narasumber Maydearly sapaan akrab dari nama lengkap Maesaroh, M.Pd dengan membawa materi bertema "How to Write Good Resume" bagaimana cara menulis resume yang baik.

Mengawali pertemuan kali ini ada sebuah untaian kalimat dari moderator "Allow yourself to be a beginner. no one starts off being excelent" membuat saya berpikir harus bisa, bisa dan bisa dan membikin saya makin tambah semangat mengikuti kelas BM gel. 27 ini.

Selanjutnya moderator memperkenalkan identitas nara sumber. Beliau adalah Maesaroh, M.Pd seorang penulis berdarah banten yang terkenal dengan sebutan "the Queen of Diction" di komunitas menulis PGRI Tingkat Nasional. Luar biasa. setelah saya baca profilnya sangat mengispirasi saya untuk menjadi seorang penulis. 

Bagaimana menulis resume yang baik "How to write good resume" adalah materi yang sangat saya tunggu - tunggu. sebagai seorang penulis pemula tentu ini merupakan modal dasar saya untuk tetap berlatih dalam menulis kedepan. apalagi nara sumber kali ini merupakan penulis resume ter cepat. wow .... bikin ngiri aja.

Apa Itu Resume?
Menurut KBBI, Resume adalah Ikhtisar atau ringkasan, dimana sebuah intisari penting harus berkembang menjadi sebuah tulisan untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Bagaimana cara menulis Resume dengan benar?

Nara sumber mengatakan ada 6 cara yang bisa dilakukan dalam menulis resume antara lain :
1. Amati materi dari narasumber dengan baik
2. Modifikasi materi yang diberikan nara sumber menadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku
3. Hindari copypaste dari seluruh materi narasumber
4. kembangkan materi dari narasumber dengan relevansi dari luar yang related
5. berikan kesimpulan diakhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup
6. yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri agar tulisan kita memiliki seni yang khas.

Apabila 6 langkah itu terasa sulit dalam membuat resume yang benar, Narasumber memberikan cara lain yaitu dengan menggunakan tehnik 5W 1H, dalam versi bahasa indonesia adalah tehnik ADIKSIMBA. 
1. Apa materi yang dibahas? ini bisa meadi topic dalam membuat resume
2.  Dimana sumber referensinya
3. Kemana arah materi yang disampaikan
4. Siapa yang menjadi rujukan materi
5. Kenapa materi itu begitu penting
6. bagaimana feedback dari materi yang disampaikan

Menurut narasumber hal yang paling penting dalam meresume adalah 
1. Menghindari para pembaca merasa jenuh dengan cara menulis paragraph dengan bait yang pendek - pendek.
2. Menulis bahasa narasumber dengan tehnik parafrase (mengulang kembali dengan gaya bahasa sendiri

Bagimana Cara menjadi seorang Penulis di Blog?
Narasumber memberikan penjelasan bahwa menjadi seorang bloger harus :
1. Percaya Diri, jadilah penulis percaya diri yang menganggap dirinya menjadi penulis hebat
2, Siap dengan segala kritikan. yang akan mejadi motivasi untuk menjadi seorang penulis yang            berkarakter
3. Jadilah seoang penulis blog yang informatif dan edukatif dan
4. Bangun tulisan diberbagai blog.

    
Seorang penulis tidak akan pernah menyerah dalam situasi apapun, seorang penulis tidak akan merasa rendah diri dia akan selalu terus berkarya untuk memberikan informasi yang faktual dan edukatif. akan tetap tersenyum walau dalam keadaan bersedih serta akan terus memberikan ide ide atau gagasan yang menginspirasi bagi para pembacanya. oleh karena itu marilah kita terus menulis dan menulis. jadilah penulis sejati yang menjadikan hidup ini adalah sebuah buku, hari harinya merupakan halaman baru. setiap bulan adalah babnya dan tahun adalah cerita barunya. penulis sejati akan terus menorehkan tinta hitam yang akan dibaca sepanjang sejarah peradaban dunia.


Penulis : Lalu Darwati. 

Komentar

  1. Sekarang .. berkat Bu Lely ...Mantap Pa resumenya

    BalasHapus
  2. Resume lengkap dan bagus Pak..mungkin saran saya kalimat di awalnya tidak perlu terlalu panjang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik bu. terima kasih sarannya. sebagai bahan evaluasi saya dalam menulis kedepan.

      Hapus
  3. Mantap Pak Guru.
    Di tunggu resume selanjutnya untuk saya belajar menulis juga. 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Ke 1. Belajar Menulis PGRI Gel.27

RESUME KE 2. BELAJAR MENULIS PGRI GEL.27

RESUME KE 18 KEGIATAN BELAJAR MENULIS PGRI GEL 27